27 Jul 2017

Mengurus SIM baru di Polres Pare Kab. Kediri



Jadi ceritanya hari senin kemarin saya disuruh nyoba ikut ujian SIM, SIM yang saya ambil adalah SIM A. Karena saya nggak tau kalo pelayanan SIM baru itu pukul 7-9 pagi, saya datangnya malah jam 11 siang, ya otomatis nggak jadi kan ya, saya harus kembali keesokan paginya. Nah dari pengalaman itu, saya mau share bagaimana sih prosedurnya membuat SIM baru di Polres Pare Kabupaten Kediri? Apa saja syaratnya? Dan bagaimana tipsnya? Oke...lets go.

1. Berangkat Pagi
Jika kalian tak memiliki kegiatan apapun dihari itu, saya sarankan berangkat pagi adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika jarak rumah cukup jauh, dan usahakan tiba dilokasi sebelum pukul 7 pagi. Bahkan saat saya sampai disana pukul setengah 7, bahkan kurang, sudah banyak yang antri. Padahal loket belum buka.

2. Siapkan Persyaratan
Untuk membuat SIM baru syaratnya adalah
- FC KTP 2x
- Surat Keterangan Sehat
-Masukin Ke Stopmap, dan kasih tulisan NAMA LENGKAP, KECAMATAN, dan DESA. Ditulis tiap baris didepan stopmap. 
Disepan gedung buat ngurus SIM itu ada sebuah tempat fotocopy, kalo kalian bingung kalian bisa tanya kesana, soalnya masnya itu udah hafal banget. Bahkan kalo bilang mau ikin SIM baru, sama masnya langsung disiapkan stopmap, fc ktp, dan pulpen. Dan disebelah foto copy itu ada tempat buat tes kesehatan,biayanya 20 ribu. Cuma ditanya Tinggi dan Berat, dan tes buta warna. Setelah itu langsung ke tempat pendaftaran.

3. Saat di lokasi
Setelah persyaratan sudah terkumpul, langsung saja menuju tempat pendaftaran, tempatnya ada di paling kanan, disitu udah ada tulisannya kok, mau ngurus SIM baru atau perpanjang. Setelah dikumpulkan, tungguin aja diruang tunggu, nanti bakal dipanggil. 

Setelah nanti dipanggil, kalian akan menerima stopmap tadi dan dibawa ke dalam gedung, nah pas masuk nanti stopmap kalian akan diminta, dan harus copot Jaket ya, nanti bakal dibukain portalnya sama bapaknya, dan nunggu lagi deh diruang tunggu. 

Setelah nunggu nanti akan dipanggil, dan disuruh ke ruang atas untuk dilakukan pemotretan...ehm...maksudnya foto buat sim itu. Nanti didalem juga ngantri lagi, dan akan dipanggil untuk masuk kedalam ruang foto, nah disini juga ngantri lagi, nunggu dipanggil sama petugas fotonya. Pas dipanggil nanti akan dilakukan scan sidik jari tangan kanan semua, tandatangan, dan foto.

Selanjutnya ngantri lagi, untuk menuju ke Ruang Tes Teori. Jadi stopmapnya tadi diberikan kepada petugas Tes Teori, ruangannya disebelahnya kok. Nah nunggu para pelamar yang sedang Tes selesai, baru giliran kita yang akan melakukan tes Teori. Oh iya, tesnya CBT yah...Computer Based Tes. Tesnya pake komputer, Touchscreen. Nanti bakal dikasih penjelasan juga sama petugasnya. 
Tesnya hanya memilih Benar atau Salah, sesuai dengan ilustrasi yang ditampilkan di komputer. Soalnya sebenernya cukup mudah, tapi harus cermat mendengarkan Audio dan Animasi yang ditampilkan. Jawaban tak bisa diulangi, jika udah jawab ya udah itu. 

Dan hasilnya akan langsung tampil, kalian lulus atau enggak.
Bagaimana dengan saya?.......ehm.....saya dapet nilai 64 dan NGGAK LULUS!! wkwkw... saya nggak mengamati berapa jumlah soalnya, yang pasti tiap soal hanya diberi waktu sekitar 18 detik. Bagi peserta yang nggak lulus akan dijadwalkan kembali, untuk tes ulang diminggu depan. Dan yang nggak lulus tes teori nggak bisa lanjut ke tes praktek.

4. Biaya
Mohon maaf, saya kurang tau dengan biaya pengurusan SIM baru, sebenarnya sudah ada banner yang menyebutkan biayanya, tapi nggak sempet Foto, soalnya lagi gugup wkwk...tapi denger2 nggak ada biaya selama pengurusan admin sampai tes. Jadi pembiayaan akan dilakukan jika sudah lulus semua ujian.
sepertinya sama aja. Sumber: Polres Blitar.
Nah...Gimana sih gan?! situ nggak lulus ujian kok bisa ngeshare ginian?😠
Yah, mohon maaf sekali lagi, tujuan saya cuma mau share cara mengurus SIM baru di Polres Pare Kabupaten Kediri. Supaya nggak bolak-balik tanya orang gitu.

Pengurusan SIM C dan SIM A sama nggak?
Sama aja kok prosedurnya, yang membedakan ya pas ujian teori aja.

Setelah nggak lulus gitu gimana?
Ya stopmapnya nanti dikasih tanda gitu, buat ngulangin minggu depan. Udah ada jadwalnya kok.


Oke...cukup sekian dari saya, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. Terimakasih udah mau baca...bye...
Share:

19 komentar:

  1. Pak/Bu saya td tgl 21 maret 2018 ngantar istri saya perpanjangan sim C.. atas nama lindah susanti.. berhubung saya udh pindah alamat maka saya nulis alamat baru sesuai e-ktp ternyata sesampainya di rumah saya lihat ternyata di sim yg baru msh tertera alamat yg lama.. mhn bantuannya gmn kelanjutannya .. makasih

    BalasHapus
  2. Mas mau tanya persyaratan nya pake surat kterangan sehat itu minta di pukesmas stempat atau di sebelah fto copy yg di polresnya?

    BalasHapus
  3. Pak/Bu klo naikan SIM A ke B 1polos syarat nya apa aja pak/Bu

    BalasHapus
  4. sabtu buka gak pelayanannya Pak

    BalasHapus
  5. Dompet hilang ktp ,sim stnk?sim d perbarui tanpa ktp aapakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya harus ngurus KTP dulu mas. Baru untuk persyaratan SIM :)

      Hapus
  6. Hari Sabtu tetap buka mas ya? Polres nya

    BalasHapus
  7. Kalau semisal tidak lulus ujian praktek atau tulis kita kembali lagi harus bayar lagi ndak?

    BalasHapus
  8. enggak bayar lagi, nanti dikasih semacam surat buat tes ulang seminggu/ 2 minggu berikutnya. Udah dikasih jadwalnya juga.

    BalasHapus
  9. Kak kalau sim saya hilang gimana ngurus nya... ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau ya, mungkin harus ngurus surat kehilangan dsb.

      Hapus
  10. min saya mau binkin sim C tempatnya dimana ya untuk prakteknya ? saya tinggal di kabupaten

    BalasHapus

  11. lagi cari Link terupdate SBO???
    Klik ==== > link alternatif sbobet

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar SBO

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus