21 Des 2017

Mengurus "Surat Keterangan" di Kabupaten Kediri


Baiklaah sesuai dengan judul diats, kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana mengurus surat keterangan. Dimana hal ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan mengikuti seleksi perangkat desa. Barangkali dengan tulisan ini, siapapun, kapanpun, dan dimanapun kalian yang membutuhkan informasi bagaimana sih tahapan mengurus surat keterangan yang bermacam-macam ini.
Surat keterangan tersebut diantaranya adalah Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), Surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, dan surat keterangan bebas Pidana.
Pembahasan kali ini adalah mengurus Surat Keterangan di Area Kabupaten Kediri.

Persiapan
Sebelum Hunting surat keterangan, yang perlu dipersiapkan adalah Pas Foto 4x6! Ini wajib dan harus dibawa. Butuh berapa lembar sih? Cari aman saja, cetak 20 Lembar. Toh nanti juga bisa digunakan buat keperluan lain. Kemudian Ballpoint juga wajib, karena kalian bakal ngisi banyak blanko. Opsional bawa Lem, staples, dan Klip kertas. Bawa aja deh, pasti nanti juga butuh. Bawa juga Fotocopy KK (Kartu Keluarga) dan KTP. Jangan lupa UANG!

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Ngurus SKCK yang paling Panjang dan ribet, harus dari bawah dulu. Jadi pertama datangi rumah Pak RT, bilang saja mau minta surat pengantar desa untuk membuat SKCK. Nanti bakal dibuatin selembar surat pengantar yang di tanda tangani oleh Pak RT. Kemudian kalian harus minta tanda tangan ke Pak RW juga. Kalo udah dapet keduanya, taruh kertas itu di Stofmap, biar sopan. Kemudian berangkat ke Kantor Kepala Desa, serahkan stofmap berisi surat pengantar tadi ke bagian pelayanan umum. Kalian nanti juga akan diminta 2 lembar foto, dan fotocopy KK / KTP. Udah, tungguin aja nanti kalo udah jadi bakal dipanggil. Nah, kalo udah selesai nanti bakal diarahkan tahap selanjutnya bagaimana. Tahap selanjutnya adalah minta Tanda tangan Pak Camat dan Koramil.

Berangkat ke Kantor Kecamatan. Langsung aja menuju bagian pelayanan umum, bilang apa keperluan kalian. Nanti juga akan diminta fotocopy KK/KTP dan foto juga. Udah, tungguin lagi, prosesnya cepet kok (kalo beruntung) bisanya suruh bayar biaya admin seikhlasnya (masukin aja 5rb/10rb). Selanjutnya ke kantor Koramil. Sebenarnya ini Cuma opsional, kalo dari Kecamatan disuruh ke koramil dulu ya kesana aja dulu, kalo enggak ya langsung ke polsek. Pengalaman saya 3x bikin SKCK hanya sekali yang disuruh ke koramil. Prosesnya juga sama, siapin fotocopy+foto. Anggep aja tanda tangan udah komplit, langsung cusss Polsek.

Sampai Polsek kalo masih bingung mau kearah mana, tanya aja pak polisi yang didepan, bilang mau bikin SKCK. Nanti bakal dikasih tau kok. Nah disini siapin juga seperti tadi, dengan tambahan akte kelahiran. Jadi yang dibawa ke polsek: Surat pengantar (yang ada ttd dari desa,kecamatan dan koramil) FC KK, Akte, KTP. Oh iya, surat pengantarnya tadi fotocopy juga. Nanti dipolsek kalian bakal ngisi blanko yang lumayan banyak, jadi isi aja sesuai perintah. Kemudian ngantri (kalo lagi antri) . Karena keperluan saya adalah untuk seleksi perangkat desa, maka harus lanjut ke Polres. Soalnya dulu waktu saya bikin buat daftar kuliah Cuma sampe polsek udah cukup. Nanti kamu bakal diarahkan apa saja yang harus dibawa ke Polres: FC KK, AKte, KTP, Ijazah awal-akhir, Foto dengan backround Merah (wajib)!.

Berangkat ke Polres Pare Kab Kediri. Terakhir kali saya bikin SKCK di Polres Pare tahun 2011, yang tempatnya masih didekat ujian SIM. Tapi kali ini tempatnya udah pindah, yaitu dijalan apa itu saya lupa wkwk (maaf) yah pokoknya yang dipinggir jalan itu. Jangan langsung masuk naik motor, berhenti dulu didekat pos depan, biasanya nanti bakal ditanya mau ada keperluan apa, biasanya juga nanti dikasih kartu pengenal sebagai tamu. Kalo udah parkir aja motornya. Langsung menuju ke pelayanan umum. Tahap pertama adalah menuju ke bagian sidik jari, disitu ada blanko kosong, ambil aja da nisi. Jangan sampai ada yang kosong, pokoknya isi aja secara lengkap, kalo ada yang kosong nanti dibentak pak polisinya wkwk (pengalaman). Kalo udah, kumpulin lagi tetap dibagian urusan sidik jari, jangan lupa ditaruh Stofmap. Setelah dipanggil nanti kalian bakal apa ya namanya…pokonya seluruh jari tangan akan di cap ke sebuah lembaran gitu deh, habis itu nunggu lagi, nunggu dipanggil hasil rumus sidik jari tersebut. Setelah dapet rumus sidik jari, lengkapi semua berkasnya sesuai instruksi dari Polsek. Atau disitu udah ada tulisan persyaratn SKCK. Kemudian kumpulkan dibagian input data SKCK, tempatnya ada disebelahnya urusan sidik jari. Nah sampe sini nunggu lagi, setelah dipanggil nanti disuruh ngecek dulu datanya ada yang salah nggak, kalo ga ada nanti akan ditandatangani dan stempel, trus suruh fotocopy 10 lembar buat legalisir. Biayanya habis 30 ribu. SELESAI! Dapet SKCK + Legalisir. 

Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba
Jujur aja saya baru pertama kali ke RSUD Pare, jadi sudah jelas bakal buta arah. Tapi karena banyak barengannya, jadi agak terbantu juga. Jadi buat kalian yang juga pertama kali, simak baik2 arah dan tahapannya. Parkir motor? Tanya ke satpam depan aja “Parkir Motor dimana pak?” nanti pasti diarahkan, parkirannya cukup sempit, agak kesulitan bagi yang bawa motor gede. Habis itu langsung menuju ke tempat Pendaftaran Pasien. Jangan khawatir, meskipun kamu bukan pasien yang sakit, tapi kamu termasuk pasien yang butuh dokter, wkwk. Nanti di depan ada satpam dan pengurusnya, bilang aja mau mengurus surat keterangan sehat dan bebas narkoba. Nanti kalian akan dikasih nomor antrian dan blanko dan isi sesuai perintah. Setelah blanko terisi ya nunggu panggilan sesuai antrian. Saya dulu berangkat pukul 8 pagi, baru dipanggil pukul 10. Saran saya berangkat pagi betul, atau berangkat sebelum loketnya buka!. Setelah dipanggil nanti akan ditanya keperluannya apa, pastinya surat sehat dan bebas narkoba. Kalian nanti akan dikasih kartu pasien. Dan selanjutnya diarahkan ke Kasir, tempatnya di pintu utama masuk, kemudian belok kiri, sebelah kanan adalah kasir. Serahkan kertas kecil dan kartu pasien tadi, tunggu sampe dipanggil. 

Setelah melakukan pembayaran, kalian nanti akan diminta langsung menuju poli kesehatan atau apa ya aku lupa. Tempatnya kalo dari kasir balik kearah pintu utama terus belok kiri lewat pintu kaca, trus belok kanan. Cari aja tulisannya. Nah serahkan kwitansi pembayaran tadi kedalam poli kesehatan, kemudian ngantri lagi nunggu dipanggil sama dokternya. Kemudian kalian akan dipanggil dokter dan dikasih sebuah lembaran untuk tes narkoba di Lab Patologi, tempatnya ada di luar pintu utama belok kanan, nah cari aja tulisannya Lab Patologi. Masuk aja serahkan lembaran yang dikasih Dokter tadi, isi identitas dsb. Nanti kalian akan dikasih botol kecil untuk tes Urin. Jangan lupa botolnya dikasih label nama dan keperluan. Kalo beruntung sih hasil bias langsung diambil hari itu juga, tapi saya harus nunggu keesokan harinya untuk dapet hasil tes Narkoba itu. Nah sambal nuggu hasil, kalian boleh kembali ke Poli Kesehatan, dan mengumpulkan lagi kwitansi tersebut, nunggu dipanggil lagi deh. Prosesnya cepet, sura keterangan akan langsung jadi, dan akan disuruh fotocopy dan legalisir di Bagian TU. Hal sama juga dilakukan setelah hasil tes narkoba keluar, fotocopy dan Legalisir. SELESAI! Surat keterangan sehat dan bebas Narkoba sudah ditangan!.

Surat Keterangan Bebas Pidana

Salah satu persyartan seleksi perangkat desa adalah Surat keterangan bebas pidana dari Pengadilan Negeri. Pengadilan negeri di Kabupaten Kediri terletak di Desa Sukorejo. Kalo bingung langsung cari aja di Google Map, langsung ketemu kok. Yang harus dibawa: Surat Pengantar dari Desa, Fotocopy KK/KTP, AKte dan materai 6000. Langsung masuk aja, nanti dibagian resepsionist akan ditanya keperluannya, ya bilang aja mau bikin surat keterangan bebas pidana. Nanti petugasnya akan menjelaskan persyaratannya dan mengisi blanko. Setelah persyaratan ada semua, langsung Menuju ke Loket Hukum. Di Pengadilan Negeri Kab Kediri tempatnya nggak begitu luas, jadi cukup mudah nyari loket hokum. Kumpulkan persyaratan tersebut dibaian loket, dan tunggu dipanggil. Nanti pas dipanggil akan ditanya keperluannya, kemudian buth legalisir berapa lembar. Per lembar legalisir adalah 10 ribu, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kalo beruntung juga, kalian bias dapet surat keterangan hari itu juga, tapi biasanya sih harus ditinggal dan diambil keesokan harinya. Pas mau ngambil, dating lagi ke loket hokum, bilang mau ambil surat keterangan atas nama kalian, nanti disuruh nunggu lagi sampai dipanggil. Pas dipanggil nanti akan disuruh ngecek dulu datanya udah bener belum. Pengalaman kemarin sih data saya salah dibagian Pendidikan, jadi harus nunggu lebih lama lagi, hiks…. Tapi ini udah tahap akhir, dan kalian udah dapet Surat Keterangan bebas pidana beserta legalisirnya! 

INFO TAMBAHAN
Biasanya kalo sedang ada perekrutan serentak gitu bakal banyak juga yang nyari surat keterangan itu, jadi usahakan aja mulai huntingnya lebih awal sejak kalian tau pengumuman pendaftaran, dan jika kalian buka seorang pekerja, usahakan juga dating pagi betul di setiap instansi pelayanan surat keterangan tersebut. Karena bakal antri banyak banget dengan peserta seleksi yang lain. Jangan lupa bawa minum, permen, atau snack kecil2an lah. Lumayan buat ngisi perut kalo sedang antri. Kalo antrian kalian tinggal buat beli makanan atau apalah, maka panggilan antrian kepada nama kalian bakal di skip, kan sayang. 
Saat proses surat keterangan sehat dan bebas narkoba mungkin akan berbeda pada tiap keperluan. Contohnya, keperluan saya untuk seleksi perangkat desa, di poli kesehatan hanya dicek detak jantung pake stetoskop, Udah selesai, dapet surat keterangan. Proses bebas narkoba, Cuma tes Urin, selesai. Tapi saya pernah baca untuk persyaratan untuk beasiswa LPDP, tesnya cukup Panjang untuk mendapat surat keterangan sehat dan bebas narkoba. Jadi semua yang saya tulis diatas, hanyalah pengalaman pribadi dari saya.

OKE! Mungkin cukup segitu saja bagaimana cara mengurus surat keterangan di Kabupaten Kediri, Jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar. Jika ada kekurangan saya mohon maaf. Terimakasih udah mampir dan membaca. Bye…

Share:

6 komentar:

  1. teman saya dari RT langsung ke polsek pare terus ke polres kediri, dah itu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya bebas narkoba di polres kediri berapa ya?

      Hapus
  2. Biaya surat ketrangan sehat dan bebas narkob brapa di rsud pare

    BalasHapus
  3. FYI, Biaya surat keterangan sehat : 18rb. Bebas narkoba: 125rb.
    Silahkan bawa dana lebih untuk berjaga2.

    BalasHapus
  4. Untuk surat keterangan tidak pernah dipidana kegunaannya bisa untuk ke luar kota nggak?

    BalasHapus