15 Okt 2018

Sukai Saja Apa Yang Kamu Suka


Menyukai suatu hal memanglah suatu yang wajar bagi kita manusia normal. Menyukai suatu hal memiliki tujuan tersendiri bagi kehidupan kita masing-masing. Ada yang sebagai hobi, sebagai pekerjaan, bahkan hanya untuk sekedar melupakan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi masih banyak yang menganggap hobi atau kegemaran yang dilakukan orang lain terasa lebih buruk dari apa yang hanya bisa kita lihat.

Hobi kalian futsal, oke itu bagus. Tapi jangan menganggap orang yang hobinya nonton drama korea itu buruk. Hobi kalian nongkrong di café yang instagramable, tapi jangan menganggap orang yang hobi ngopi di warung yang selalu memfoto kopi dan rokoknya itu adalah sesuatu yang buruk. Saya rasa semua itu ada manfaat dan kerugiannya masing-masing. Mereka menikmati hobinya masing-masing dengan caranya sendiri dengan tujuan sekedar memuaskan diri tanpa merasa rugi atau kehilangan.

Kalian para kolektor, kolektor apapun yang hobi mengumpulkan benda entah itu berharga tinggi ataupun tak berharga, pasti pernah dengar “ih beli mainan mahal-mahal mending duitnya dibuat ini…mending dibuat itu” hey…itu cara mereka memuaskan diri. Mereka rela membeli mainan mahal, barang mahal, yang penting dia suka yaudah…yang penting dia tidak meninggalkan kewajiban mereka sebagai warga negara dan umat beragam that’s fine. Saya sendiri juga pernah menjadi kolektor mainan, meskipun belum sampai terjerumus lebih dalam. Memang hasrat mengoleksi mainan apalagi figure favorit kita, beli satu buah figure bakal memicu figure-figure yang lain untuk datang melengkapi koleksi, tentu saja dengan merogoh kocek lebih dalam. Dan itu cukup menyenangkan hanya dengan melihat koleksi kita terpajang dalam rak yang hanya bisa kita pandang.

Kalian yang hobi mendengarkan musik-musik barat seperti Linkin Park, Guns n Roses, Maroon 5, dan yang lain itu memang keren, tapi jangan menganggap orang yang suka lagu-lagu JKT48 itu lebih hina dari hobi kalian. Mereka mendapat kepuasan dengan cara mereka sendiri. Kalian yang bisa datang ke konser LP, GnR, dan sebagainya itu memang keren, tapi jangan menganggap para wota yang ngechant oi…oi…oi itu malu-maluin. Kalian nggak tau serunya Gachi koi-an sih wkwk :’v.

Saya rasa memiliki kegemaran itu cukup penting. Apalagi kegemaran tersebut bisa menjadikan kesejahteraan kalian meningkat (baca: jadi duit). Tapi kebanyakan yang Namanya hobi pasti ngabisin duit karena tanpa memikirkan profit yang didapatkan, melainkan sebuah kepuasan. Jadi kalian yang memiliki hobi apapun itu, terus lanjutkan selama itu membuatmu senang dan puas tanpa meninggalkan kewajiban kalian.

Sekian dari saya bye…

Share:

0 komentar:

Posting Komentar