13 Des 2013

Fenomena MXit

Kalau pembaca disini seumuran dengan saya, atau lahir tahun 90 an, Pasti tidak asing kan dengan istilah MXit. Yup, chat client yang sempat membooming dikalangan remaja ditahun 2005-an. Ditengah maraknya jejaring sosial saat itu yaitu Friendster dan MySpace, muncul sebuah aplikasi mobile yang membuat remaja diindonesia menghabiskan waktu mereka menatap layar untuk saling berkomunikasi lewat chat client bernama MXit.

Aku sendiri sudah mengenal aplikasi itu dari temanku, tapi aku sendiri belum punya HP saat itu. Mereka saling berkomunikasi via text dengan berbagai emoticon yang lucu. Aku sendiri baru punya akun MXit beberapa lama setelah teman2 memilikinya. Ternyata benar, Aplikasi ini bikin kecanduan. Tiap waktu senggang pasti disempatkan untuk membuka mxit dan mencari tau siapa yang sedang online dan diajak untuk chating. Samapi tidur larut malam juga karena bermain mXit ini.

Masih teringat juga, ketika MXit mengalami error beberapa bulan. Entah apa penyebabnya, MXit menolak penggunaan kode nomor dari indonesia yaitu 62. Akhirnya banyak yang beralih ke aplikasi bernama Bing. Di aplikasi yang baru ini cakupannya lebih luas. Dimana pengguna bisa mencari teman dari luar daerah dengan mudah. Aku sendiri juga merasakan asyiknya bermain Bing ini, mendapat kenbalan dari luar daerah dari dunia maya, tukeran nomor HP sampai tukeran akun Friendster.

Jarak beberapa bulan, MXit bisa kembali digunakan tetapi dengan mensiasati nomor pengguna. Yang penting tidak menggunakan kode negara Indonesia. Terserah pakai negara mana. Nomornya pun juga bisa diacak sendiri, tidak harus sesuai dengan nomor telepon kita  sendiri. Berbagai fitur baru pun hadir di MXit terbaru ini, dari memasuki grup sampai berkenalan dengan orang diluar daerah juga. Ditambah mengirim file foto dan musik juga bisa. MXit ini kira2 bertahan samapai tahun 2008/09 sebelum sedikit demi sedikit tergusur oleh jejaring sosial yang fenomena sampai saat ini yaitu Facebook. Friendster juga terkena dampak kemunculan FB ini. Pengguna mxit juga masih ada, dan semakin habis ketika BBM atau Blackberry Mesenger juga muncul. Dan saat ini aplikasi chat client juga bermunculan, dan habis sudah MXit melawan aplikasi seperti Whatsapp, Line, BBM, dsb.

Yap, itulah sedikit tulisan dari saya mengenai aplikasi MXit yang sempat booming saat itu. Terimakasih ^^

Share:

0 komentar:

Posting Komentar