30 Apr 2016

User Android dulu dan Sekarang

Melihat fenomena smartphone jaman sekarang memang WWOOOOWW...!!! berkembang begitu pesat di negara yang juga berkembang ini. Tapi dari waktu ke waktu apakah para user smartphone ini bisa lebih smart daripada hpnya itu sendiri? itu semua kembali pada diri masing, bagaimana kalian bisa bijak menggunakan alat komunikasi ini. pada tulisan ini saya ingin membandingkan pengguna smartphone tahun 2011-an dan tahun saat ini.

Saya tidak tahu pasti infografis mengenai perkembangan smartphone di Indonesia. Tapi saya sedikit banyak mengikuti perkembangan smartphone dengan OS Android sejak tahun 2011. 

1. Smartphone dulu mahal

Masih ingat fenomena Galaxy Mini? bagi kalian penggemar berita android pasti masih ingat, bagaimana samsung meraih sukses besar dengan penjualan galaxy mini yang notabene berharga sekitar 1,6 juta yang hanya berbekal prosesor single core 600MHz!! bayangkan...600 MHz, internal 160Mb, layar 3,14 inch.... 1,6 juta! bandingkan dengan sekarang, sudah banyak sekali bermunculan merek2 lokal atau cina yang menawarkan harga murah dengan spec yang Wow. kita lihat yang lagi Boom saat ini, Xiaomi! 1,6 juta kalian udah dapet quad core, 16gb internal, dsb. Kontras bukan? hanya selang beberapa tahun sudah sangat pesat sekali perkembangannya. Dengan semua ini berdampak kepada usernya, saya bahas di point selanjutnya.

2. User sekarang hanya penikmat

Dengan harga murah dan spec tinggi Android semakin populer dikalangan manusia dari anak2 sampai orang tua. Mereka hanya bisa menikmati fitur2 yang ada. Dengan harga yang terjangkau, fitur yang disediakan pun sudah dirasa lebih dari cukup. Ingat tahun 2011 lalu kalian harus men-Tweak smartphone kalian untuk mendapat performa diatas standar bawaan. 

3. User sekarang tidak kenal istilah ini

Rooting, Unlock Bootloader, Instal Custom Rom, Custom Kernel, Bootloop, Hard Brick, dsb.....saya yakin user android sekarang nggak merasakan serunya Instal Custom Rom yang harus diawali dengan rooting ataupun unlock bootloader, User sekarang nggak merasakan cemasnya ketika gagal tweak dan Hp jadi bootloop, User sekarang nggak pernah merasakan keringat dingin saat hp nya mati nggak bisa nyala ketika terjadi Brick. 
Beberapa Rom populer saat itu CyanogenMod dan MIUI sempat saya coba juga. Bolak balik restore nyari settingan yang nyaman, yang pada akhirnya tetap kembali ke Stock Rom :D . Sekarang MIUI sudah memiliki Device nya sendiri. Yap itu semua karena fitur bawaan sudah lebih dari cukup tanpa harus tweak dahulu.

Android pertama saya adalah Xperia Mini Pro, dengan layar yang hanya 3 inch tapi performa yang sudah bagus pada waktu itu, apalagi video recordingnya sudah HD, masih jarang smartphone dengan recording kualitas HD saat itu. saya hanya bertahan kurang lebih 2 tahun karena performa yang semakin menurun dan munculnya berbagai merek dan spec yang lebih bagus. Saya sempat pindah ke Nokia Lumia selama setahun lebih sebelum kembali ke Android sampai sekarang.

Itulah kenapa saya menulis tulisan ini karena terusik dengan fenomena baru ini. Smartphone sekarang sudah sangat canggih dengan harga murah. Kamera pun minimal 5MP. Dulu 5 MP udah Wow banget. Saya pikir layar 4 inch sudah sangat lebar, ternyata sekarang layar 5 inch menjadi standar baru dari pemiliknya sendiri :v . Apalagi melihat anak2 seusia SD yang sudah memilik Smartphone...ah sudahlah...mungkin inilah kemajuan zaman.

Semoga saja pemilik smartphone jauh lebih SMART dibanding smartphonenya!

Thanks for reading....Bye....
Share:

0 komentar:

Posting Komentar