14 Apr 2016

Blog Vs Vlog


Vlog...vlog...vlog....
Yap... akhir2 ini saya dunia digital dihebohkan oleh munculnya Imperialdramon yang bertarung dengan para anak terpilih......wait....saya nggak mau nulis cerita Digimon kok. Hehe... 
Oke kembali ke topik...pernah nggak kalian dengaer kata2 atau sebuah tulisan "Vlog" ? Yap...Vlog atau Video Bloging sedang digandrungi para youtuber Indonesia. Mungkin fenomena ini sudah jau lebih dulu bagi orang dari luar negeri. Mengapa saya membahas masalah Vlog? ini kan Blog. Nah maka dari itu, saya berpikir apakah Blog akan tergantikan oleh Vlog? Mari kita bahas pelan2. 
Seperti yang kita tahu, perbedaan singkat antara blog dan vlog cukup mudah. Blog untuk nulis, dan Vlog untuk Ngomong. Saya merasa Essensi seorang Blog Writer tak akan tergantikan oleh apapun, karena memang tidak sejalan dengan Vlog. Tetapi semua terasa mudah seiring berkembangnya Zaman. Sebagai contoh, dulu jika ingin menjadi penyiar radio kalian harus memiliki skill berbicara dan mempunyai sebuah studio ataupun melamar pekerjaan ke sebuah stasiun radio. Dan jika ingin menjadi enyiar televisi maka kalian harus mencapai syarat2 yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang penyiar televisi di suatu perusahaan televisi. Bagaimana dengan sekarang ini? Saya yakin kalian semua sudah kenal dengan yang namanya YOUTUBE . Sebuah layanan broadcast dan penyedia video terbesar di dunia dan akhirat..ups...di dunia maya. Dengan slogan "Broadcast Yourself" youtube menawarkan kepada kita semua menjadi Penyiar, Guru, pembimbing, dan sebagainya secara Gratis! Hanya dengan mematuhi kebijakan yang tidak terlalu berat anda bisa menjadi seorang penyiar Radio, penyiar televisi, dsb dan Anda bisa memilik Channel sendiri tanpa harus memikirkan pemancar, ruang studio, dsb. Kalian bisa melakukannya dimanapun. Dikamar tidur, kamr mandi, halaman rumah, dan dimana saja. 

Kembali ke masalah Blog vs Vlog. Youtube menjadi fenomena yang cukup melesat saat ini. Seseorang yang biasanya berbagi pengalaman meraka melalui tulisan blog, sekarang mereak cukup merekam diri mereka sendiri dan mulai berbicara di depan kamera. Kalian hanya butuh Basic Skill untuk editing Video. Minimal bisa Cut dan Merge/Trim. Bahkan didalam video itu bisa kita sisipkan sebuah Link yang notabene menjadi fitur dalam penulisan blog. Dan yang lebih menarik lagi Youtube menawarkan anda fitur MONETIZE! apa itu? kalian akan dibayar oleh youtube dengan mengupload video kalian. Asala sesuai dengan aturan yang ada. Langkah ini sebenarnya juga bisa dirasakan oleh Blogger, mereka bisa mendapatkan uang dari tulisan / blog mereka. bagaimana caranya? ADSENSE. ya kalian cukup mendaftar ke penyedia Publiher seperti Google Adsense. Setiap Iklan yang kalian pasang di blog dan diklik oleh pengunjng, maka kalian akan mendapat komisi dari google, tentunya ada aturanya juga.

Jadi Kesimpulannya adalah, Blog maupun Vlog, keduanya masih bisa diandalkan. Blog untuk mengasah kemampuan menulis kalian, dan skill Search Engine Optimation kalian juga bisa diuji saat menjadi Blogger. Dan Vlog, mengasih kemampuan berbicara dan editing video. Jadi semuanya masih sangat bisa diandalkan untuk kalian yang suka Sharing apapun yang ada di Otak kalian.

Okey, terimakasih sudah mau baca. Semoga bermanfaat. Bye....
Share:

0 komentar:

Posting Komentar